PENGANTAR

Dengan Rahmat Allah SWT,  sholawat serta salam tetap semoga tercurahlimpahkan keharibaan Habibana, Warosulana, Wanabiyana Muhammad SAW. Atas dukungan serta motivasi semua civitas akademika Universitas Islam Nusantara dan pihak lainnya, Direktorat Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat dapat menjadi salah satu direktorat pemegang peran penting untuk selalu memberikan hal yang terbaik bagi kemajuan institusi perguruan tinggi serta menjawab tantangan kemajuan zaman.

Riset, Inovasi, dan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu tugas pokok sivitas akademika perguruan tinggi yang diharapkan bisa memberikan kontribusi dan manfaat kepada proses pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peningkatan mutu kehidupan masyarakat.

Dengan demikian Direktorat Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat (DRIPM) Uninus, sebagai fasilitator, harus memiliki sistem perencanaan pengelolaan serta implementasi program-program penelitian, inovasi dan pengabdian masyarakat yang menjadi unggulan serta dijadikan acuan oleh sivitas akademika Uninus. Sistem pengelolaan ini mencakup akses dan pengadaan sumber daya dan layanan penelitian bagi pemangku kepentingan, memiliki peta-jalan (Roadmap), melaksanakan penelitian, inovasi dan pengabdian masyarakat serta mengelola dan meningkatkan mutu, hasilnya dalam rangka mewujudkan visi, melaksanakan/ menyelenggarakan misi, dan mencapai tujuan yang dicita-citakan oleh institusi.

DRIPM Uninus senantiasa berusaha untuk menciptakan iklim yang kondusif agar sivitas akademika secara kreatif dan inovatif menjalankan peran dan fungsinya sebagai pelaku utama penelitian, inovasi dan pengabdian masyarakat yang terencana dan bermutu. DRIPM Uninus selanjutnya memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian dalam berbagai bentuk, antara lain penyelenggaraan forum/seminar ilmiah,  presentasi ilmiah dalam forum nasional dan internasional, publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional yang bereputasi.

Pengabdian masyarakat dilaksanakan sebagai perwujudan kontribusi kepakaran, kegiatan pemanfaatan hasil pendidikan, dan/atau penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni, dalam upaya memenuhi permintaan dan/atau memprakarsai peningkatan mutu kehidupan bangsa. DRIPM Uninus senantiasa mengembangkan sistem pengelolaan kerja sama dengan pemangku kepentingan eksternal dalam rangka penyelenggaraan dan peningkatan mutu secara berkelanjutan untuk program-program akademik, khususnya di bidang penelitian, inovasi dan pengabdian masyarakat. Hasil kerja sama senantiasa diupayakan untuk dikelola dengan baik demi kepentingan akademik dan sebagai perwujudan akuntabilitas DRIPM Uninus sebagai lembaga nirlaba. DRIPM Uninus juga senantiasa merancang dan mendayagunakan program-program kerja sama yang melibatkan partisipasi aktif sivitas akademika dan memanfaatkan serta meningkatkan kepakaran dan mutu sumber daya institusi.

Hal ini Merupakan tanggungjawab besar kami beserta tim untuk mengimplementasikan dalam langkah nyata, sebagai sebuah bentuk pengabdian bagi institusi, berupa komitmen, kerjasama, kejujuran, dan kenyamanan dalam bekerja yang selalu kami junjung tinggi sehingga diharapkan mampu mewujudkan cita-cita institusi.

Atas tersedianya aset yang sudah dimiliki oleh sivitas akademika, kami optimis akan bisa mengelola dengan baik serta memanfaatkannya sesuai dengan tupoksi yang sudah ditentukan. Sifat dan sikap ketergantungan kepada salah satu pihak sedikit demi sedikit mulai diubah dengan langkah positif kearah perubahan yang lebih baik. Dengan demikian satu sama lain dapat saling mendukung, menguatkan, dan mengayomi sehingga cita-cita luhur lembaga dapat dengan cepat terwujud. Di atas itu semua tidak ada yang mustahil selama kita yakin pertolongan Allah akan datang kepada hamba-Nya.

“tidak ada jalan pintas menuju kemuliaan, karena kemuliaan akan didapatkan oleh mereka yang senantiasa bersyukur dan bertawakal kepada Allah SWT yang tak mudah putus asa apalagi buruk sangka supaya engkau tidak semakin jauh dari kemuliaan atau bahkan tidak akan mencium bau kemuliaan tersebut”.

 

Demikian kata sambutan yang bisa saya sampaikan, apabila ada tata bahasa yang kurang berkenan mohon dimaafkan.